Cara Kerja Proxy Server

Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.
 
Cara Kerja :
Pada saat user/client dari jaringan lokal (192.168.1.3) mengakses internet (www.facebook.com) lewat browser maka PC client tersebut akan menghubungi proxy server melalui eth1 (192.168.1.2) kemudian proxy server meneruskan request tersebut melalui eth0 (82.12.20.42), kemudian diteruskan ke alamat server yang direquest user, setelah mendapat respon balik ke proxy server akan diteruskan kembali ke user. Dan terbukalah tampilan http://www.facebook.com pada browser user.

Kemudian agar user dapat menggunakan proxy server maka dilakukan beberapa pengaturan pada aplikasi yang dipakai user, misalnya pada browser Mozilla Firefox pengaturan ada di Tools – Options – Advanced – Network – Settings, kemudian pilih Manual proxy configuration, dan isi IP proxy yang dipakai dan port yang digunakan.

Pengaturan tersebut juga dilakukan pada aplikasi-aplikasi yang mmbutuhkan koneksi internet, misal Internet download manager, Yahoo messanger, Antivirus untuk melakukan update online, dll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s